ARISTA SAFITRI FATIN ........... NASYA SYA'BANIA AWANIS

Selasa, 16 Februari 2010

Berpakain Preman apa berpakaian bebas

Seorang anak SD kelas 4 bertanya kepada orangtuanya : " ayah tadi saya lihat berita di televisi, polisi telah menangkap seorang penjahat, tapi kok polisinya pakai pakaian preman .... berarti polisi itu orangnya jahat yaa .... kenapa penjahat menangkap penjahat ??. dengan panjang lebar orangtua tersebut menerangkan arti dari kalimat tersebut.

Dari wacana diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat - kalimat yang menurut kita layak baik itu di koran maupun di televisi belum tentu bisa diterima di kalangan masyarakat. Kita tidak menyalahkan presenter maupun wartawan karena sejak dari dulunya memang jika ada polisi yang menyamar dengan pakaian bebas di bilang polisi berpakaian Preman. menurut kaidah dan arti dari Bahasa Indonesia yang benar Preman adalah : orang yang jahat atau orang yang sering buat ulah tidak benar.

Ada baiknya kita mulai menelaah dah menghapus kata-kata tersebut. Polisi berpakain preman diganti dengan Polisi berpakaian bebas yang sedang menyamar, agar semua pihak bisa mencerna dengan baik dan tidak salah persepsi yang membaca maupun yang menonton berita tersebut.

Tidak ada komentar: