ARISTA SAFITRI FATIN ........... NASYA SYA'BANIA AWANIS

Jumat, 03 April 2009

Kita sangat rindu akan gelar dalam sebuah turtamen internasional, baik itu tingkat ASEAN, Asian maupun yang lainnya. Hal ini membuat bangsa ini berfikir bagaimana merealisasikan hal ini. Pihak yang berwenang yaitu PSSI baru-baru melontarkan sebuah keinginan membujuk dan menaturalisasi beberapa pemain keturunan Indonesia dari berbagai negara dan pemain asing di Liga Indonesia yang sangat ingin membela negeri tercinta ini untuk meningkatkan prestasi sepakbola kita.

Mau tidak mau kitapun ikut berfikir maukah mereka dibujuk, dan dapatkah pemain asing itu dinaturalisasikan, kalu memang ”ya” pertanyaan yang timbul adalah : apakah benar skill dan intelektualitas pemain tersebut memang memadai sehingga dapat membantu mengangkat prestasi negeri ini ?

Kalau dilihat, diamati dan mendengarkan beberapa komentar dari beberapa orang yang berkompeten dibidang teknik sepakbola negeri ini ”mereka yang keturunan Indonesia di luar negeri tidak ada bedanya dengan pemain lokal lainnya dan kita tidak pernah melihatnya bermain, lain hal dengan pemain asing yang bermain di liga Indonesia yang memang sudah terbaca skillnya”.

”kami takut dengan naturalisasi tersebut akan mematikan talenta-talenta dari negeri ini yang sebenarnya sangat besar seperti kita lihat talenta dari Papua yang mampu menunjukkan skill orang Eropa, yang kita lakukan sekarang bagaimana membina dan memaksimalkan telenta-talenta dari negeri ini dengan benar dan tepat, yang kurang dari mereka adalah ”INTELEKTUALITAS”, karena dari segi pendidikan hanya jebolan SMA”, Ketua Pengda PSSI Jatim, Hanuna Sumitro.

Ya dari semua masalah tersebut kita harus berfikir bijaksana, kita hanya mau yang terbaik untuk sepakbola negeri ini, kita akui pihak PSSI sedang bekerja keras memajukan sepak bola kita, baik dari beberapa segi termasuk naturalisasi pemain. Kita harus dan layak memcobanya, siapa tahu hal ini akan berhasil tetapi memang tidak ada keistimewaan dari mereka untuk jadi tim inti maupun dari hal-hal lainnya semua harus ada penyaringan yang transparan.

Tidak ada komentar: